[NEWS] (130816) 12 Laki-laki dengan 12 Warna, “Apa Arti Girls’ Generation, f(x) dan President Lee Sooman bagi EXO?”

Posted on Updated on

English Translations:

Indonesian Translations:

Saat wawancara dimulai, sikap asli member EXO mulai terlihat. Pada awalnya mereka terlihat seperti sekelompok anak nakal, tapi sedikit demi sedikit, kami mempelajari bahwa mereka adalah artis yang ramah. Kami semakin penasaran dengan keunikan setiap member. Kami memberi mereka pertanyaan variety, pertanyaan seperti, ‘apa keunikanmu?’. Ketika pertanyaan itu ditanyakan, mereka saling memuji satu sama lain. Kami berpendapat, ‘EXO adalah keluarga dan saudara’ adalah benar.

EXO Leader Suho
(1991.05.22 Nama Asli – Kim Jun Myeon)

Q : Kau adalah Leader meskipun kau masih muda. Apakah menjadi leader itu berat karena ada banyak member?

Suho : Meskipun aku lebih muda dari Luhan dan Xiumin, tapi kami benar-benar berteman dekat. Aku menjadi trainee selama 6 -7 tahun, aku banyak belajar dari Yunho Sunbaenim dan Leeteuk Sunbaenim. Akhir-akhir ini aku nonton ‘ I Live Alone’. Setiap kali aku menontonya aku teringat diriku sendiri. “Ah, hidup sendiri itu sulit, dan tinggal bersama 11 member jauh lebih baik.” Dan aku tidak bisa membantah, bahwa memiliki banyak member itu menyenangkan.

Q : Orang seperti apa Suho itu?

EXO : Dia adalah orang yang menyukai kehangatan. Kami akan sangat senang jika dia mau menyalakan AC-nya! Suho hyung seperti buku tulis. Dia sangat rapi. Dia bertingkah seperti murid yang baik. Dia menjaga member dengan baik dan sering menggunakan kartu kreditnya. Seseorang yang tampan yang tinggal di Apgujeong. Dia suka bermain, tapi pada saat yang dibutuhkan, dia bisa membuat kami patuh seperti leader yang sesungguhnya. Jika tidak ada Suho, tidak akan ada EXO.

Chanyeol : Dia adalah hyung favoritku

Q : Apakah arti president Lee Soo Man bagi suho?

Suho : Dia seperti ayah bagiku

Baekhyun King of High Note
(1992.05.06 Nama Asli – Byun Baekhyun)

Q : Orang seperti apa Baekhyun itu?

Baekhyun : Aku tidak begitu menonjol (tertawa) aku punya imej ramah, aku ramah pada semua orang. Kau bisa mengatakan aku sangat bersifat sosial. Aku sangat merasa nyaman saat siaran, dan kelucuanku semakin terlihat. Aku serakah, aku ingin dikenali sebagai ‘suara’, dan aku juga ingin mendapat bagian di variety program juga, seperti multi-entertainer aku juga ingin ahli berakting jika aku mempelajarinya nanti.

EXO : Talenta Baekhyun tidak main main. Dia paling berbakat dari semua artis yang pernah kami temui.

Q : Nama Taeyeon akan muncul di situs saat kita mengetik baekhyun?

Baekhyun : Taeyeon sunbaenim sangat menjagaku dengan baik selama SMTOWN concerts. Dia memperlakukanku dengan baik karena aku lebih muda darinya. Tentu saja, dia memperlakukan member lain dengan baik juga. Saat aku punya warna rambut blonde, Taeyeon sunbae-nim juga berambut blonde untuk promosi I Got A boy. Kurasa itulah alasan mengapa fans mengatakan kami terlihat bagus bersama. SNSD sunbae sangat menyukai kami meskipun kami Maknae SM.

Q : Jadi, apa arti Girls Generation bagi Baekhyun?

Baekhyun : Sebuah tiang pendukung, yang selalu memperlakukan kami dengan baik!

Muggle Killer, Xiumin
(1990.03.26 Nama Asli – Kim Minseok)

Q : Xiumin kau benar-benar mirip Wonder Girls Sohee?

Xiumin : Kurasa juga begitu. Aku terkejut saat pertama kali melihat foto editan para fans. Bentuk mata kami mirip. Tapi jika kau melihat lebih dekat, Sohee mirip denganku. (tertawa) [Xiumin lahir 1990 sedangkan sohee 1992] di masa depan, aku ingin menyambutnya dengan benar jika mendapat kesempatan dengannya.

Q : Orang seperti apa Xiumin itu?

EXO : Dia benar-benar orang yang bersih, dia mudah berkeringat, seperti hujan di badannya. Keringatnya tidak berbau. Dia adalah hyung yang spesial. Dia punya keunikan ini, bau individu. (tertawa) dia juga sangat rajin, dan benar-benar menjaga member

Q : Apa arti Wonder Girls bagi Xiumin?

Xiumin : Tidak begitu pasti, aku belum pernah bertemu mereka

Sehun Maknae Teratas
(1994.04.12 Nama Asli – Oh sehun)

Q : Apakah menjadi maknae, membuatmu terakhir dalam apapun?

EXO : Tidak, rankingnya sebenarnya adalah 0!

Suho : Aku tidak memerintah para deongsaeng, tapi Sehun sering tidak mendengarkanku. Jadi biasanya aku lebih mendengarkan deongsaeng.

EXO : Sehun itu baik dan lucu, tapi kalau dia sudah bermain berlebihan, dia akan kena pukulan D.O. itu karena D.O mendapat bagian memukul disini. (tertawa) itu juga karena Sehun terkadang kelewatan dalam berbicara. Ketika dia melakukan itu, para hyung hanya menganggapnya bercanda, dan itu mengganggu, tapi kau tidak akan bisa membenci anak ini.

Q : Jadi, orang seperti apa Sehun itu?

EXO : Kalo dilihat dari penampilannya, dia adalah orang yang mudah iba. Sebenarnya dia baik pada hyungnya. Dia tidak seperti maknae, tapi dia punya sisi lembut. Dia berdo’a untuk member sebelum tidur, tanpa terlewat. Sangat lucu kan?

Q : Apa arti Luhan bagi sehun?

Sehun : Banyak orang bilang kami mirip. Aku punya koneksi bubble tea bersama Luhan hyung. Aku bisa mengatakan dia adalah orang yang kupikirkan jika sedang meminum bubble tea.

Luhan, Master dari Berbagai Macam Olahraga
(1990.04.20 kebangsaan – Chinese)

Q : Banyak orang bilang padamu bahwa kau dan Sehun mirip kan?

EXO : mereka terlihat mirip dari belakang, dan model rambut mereka juga mirip. Mereka sering membuat orang bingung. Kadang dari belakang kami bilang ‘Sehun, sangat melelahkan hari ini’ tapi ternyata itu Luhan. ‘luhan, pundakmu terlihat bagus!’ tapi saat dia berbalik, ternyata itu adalah Sehun. Bahkan kami para member sering bingung.

Q : Orang seperti apa Luhan itu?

EXO : Dia sangat bagus dalam sepak bola!!! Dia bisa melakukan olahraga apapun! Dia juga tampan, imut, tidak terlihat seperti umurnya dan terlihat manly. Namanya cocok sekali. Luhan berarti ‘deer of the dawn’ kan?

Q : Jadi apa arti saesaeng fans bagi luhan?

Luhan : Sumber stres!

Ahli bela diri, Tao
(1993.05.02 Kebangsaan – Chinese)

Q : Keunikan apa yang dimiliki tao?

Tao : Selain menari, aku bagus dalam rap, bela diri dan menyanyi. Dalam hal postur tubuh dan bela diri, aku adalah nomor 1 di grup.

EXO : Bakatnya benar-benar diluar dugaan! Kami terkejut saat melihatnya menyelam. Mungkin karena dia sudah melakukan ini selama hidupnya, tapi dia punya kemampuan bela diri yang hebat. Itulah mengapa dia bisa menangkap gerakan dance dengan cepat. Bagaimana kami menjelaskan? Dia seperti ikon ‘hewan’ di grup.

Q : Apa arti SM bagi Tao?

Tao : Orangtua dan rumah kedua bagiku.

Charismatic D.O.
(1993.01.12 – Nama Asli: Do Kyungsoo)

Q : Seperti apa D.O. itu?

EXO : Dia adalah seseorang yang peduli dan baik ‘wild man’. Kepribadiannya blak-blakan. Dia terlihat lucu, tapi sebenarnya dirinya cukup ‘liar’. Dia keras kepala dan memiliki sifat subyektif. Dia bagus dengan tangannya! [T/N: Artinya bahwa D.O. bagus dalam pekerjaan halus, seperti memasak] Dia sensitif dan laki-laki yang imut.

Q : Apa pendapatmu tentang suaramu?

D.O. : Orang-orang di sekitarku berkata mereka merasa nyaman dengan hanya mendengarkan suaraku, dan sesuai dengan banyak lagu. Aku sebenarnya adalah tipe yang lebih berkonsentrasi di melodi daripada lirik dari lagu tersebut. Itulah mengapa aku tidak merasa lirik untuk ‘Wolf and Beauty’ menonjol dari lagu lainnya ketika aku pertama kali mendengarkannya.

Q : Apa arti ‘Growl’ untuk D.O.?

D.O. : Itu adalah sebuah lagu berfungsi untuk menekankan perkembangan EXO dari ‘Wolf & Beauty’. Melalui lagu ini, keduabelas member semuanya mengalami peningkatan dalam hal bernyanyi ataupun menari.

Leader EXO-M, Kris
(1990.11.06 – Kebangsaan: Chinese)

Q : Seperti apa Kris itu?

EXO : Dia memiliki rasa luar biasa dalam hal fashion. Dia bagus dalam rap dan bermain basket; dia sangat tinggi dan tampan. Melebihi dari hal apapun, dia fasih 4 bahasa – English, Korean, Cantonese dan Mandarin. Kami sangat iri dengannya!

Baekhyun : Wajahnya mempesona, sangat eksotis. Tidak peduli siapa yang melihat dirinya, mereka akan kewalahan dengan keagungan, penampilan Eastern.

Q : Kau adalah leader EXO-M, tapi kau disisihkan oleh Suho? Apa arti Suho bagi Kris?

Kris : Aku sering mendengar hal itu, aku sebenarnya tidak merasa banyak keserakahan untuk posisi leader. Suho adalah leader EXO-K, sedangkan aku memimpin EXO-M, jadi kami mendapatkan posisi yang sama. Terkadang, aku terlihat seperti seorang leader ketika Suho mengambil persan sebagai dongsaeng. Dia adalah teman terbaikku.

Happy Virus, Chen
(1992.09.21 – Nama Asli: Kim Jongdae)

Q : Kau sering mendapatkan kesalahpahaman karena namamu? Jika kau dapat mengubah nama panggung-mu, apa yang ingin kau pilih?

Chen : Hal itu sering terjadi! Nama ‘Chen’ sebenarnya diberikan kepadaku oleh President Lee Sooman dan aku tidak pernah merasa tidak puas dengan itu. Meskipun banyak orang yang bertanya apakah aku ini orang China atau Korea, aku membawanya dengan tenang. Sebagai member EXO-M, aku bepromosi di China, dan aku tidak pernah merasa tidak nyaman atau tidak senang dengan apa yang aku lakukan. Namun, jika aku bisa, aku ingin mengubah nama panggung-ku dengan ‘JD’, inisial dari nama asliku. Tapi, bukankah ‘Chen’ lebih pas untukku daripada ‘JD’?

Q : Seperti apa Chen itu?

EXO : Hyung yang benar-benar funky. Dia orangnya menyenangkan dan cerah dengan hanya melihatnya. Kapanpun kami bersama Chen, sangat menyenangkan! Dia sanga-sangat baik, sampai kau berpikir dia agak bodoh. Mengumbar kasih sayangnya melalui setiap perkataannya; dia adalah orang yang penuh kasih sayang yang unggul dalam hal menyanyi.

Q : Apa arti Super Junior bagi Chen?

Chen : Senior yang ingin banyak kupelajari! Super Junior dan EXO memilki jumlah member yang sama dan beberapa berasal dari luar negeri. Aku sangat ingin mengikuti langkah mereka, aku ingin grup kami menjadi yang terbesar dan masih terus berjalan setelah beberapa tahun.

Lay, yang memikirkan fans terlebih dahulu
(1991.10.07 – Kebangsaan: Chinese)

Q : Seperti apa Lay itu?

EXO : Tidak peduli mau itu menyanyi atau menari atau hal lainnya, dia akan bekerja keras dalam hal tersebut. Dia adalah main dancer di EXO-M dan seorang jenius musik. Dia tahu bagaimana memainkan beberapa alat musik dan dia bagus dalam hal menyusun lagu. Kami ingin mengejar dan menjadi lebih dekat dengan Lay, member serba bisa kami.

Q : Apakah ada hal yang membuatmu kecewa dari para member?

Lay : Kadang-kadang ada beberapa hal kecil, tapi aku akan membicarakan dengan para member ketika mereka sangat membutuhkannya. Semua perasaan negatif menghilang ketika kita semua duduk dan berbicara. Mengobrol dengan para member adalah hal yang paling aku suka.

Q : Apa arti penggemar bagi Lay?

Lay : Sumber dari kebahagian yang tak terbatas berharganya untukku, kapanpun pertanyaan, “Apa itu kebahagiaan?” datang ke pikiranku, secara otomatis aku berpikir, ‘Ah, fansign beberapa hari yang lalu adalah kebahagiaanku.’ Aku merasa senang dengan hanya berdiri di atas panggung di hadapan para fans. Itu adalah sumber dari kekuatan untuk diriku dan mereka.

Sentuhan terakhir, Kai
(1994.01.14 – Nama asli: Kim Jongin)

Q : Apa pesona dari Kai?

EXO : Dia menakjubkan dalam hal menari dan kulit gelapnya membuat dirinya terlihat lebih seksi. Dia terlihat mempesona ketika dia berkeringat! Dia mendapatkan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang sepadan; dia adalah member yang mendapatkan bagian terakhir (sebagai pelengkap) performance ‘Growl’. Walaupun Kai adalah maknae kami, dia berkepribadian blak-blakan dan dewasa. Kami merasa tersentuh karena ia sering memikirkan kami. Dia sangat dewasa, terlepas dari judul ‘maknae’ miliknya.

Q : Yoon Sae-ah, seorang aktris, mengatakan kalau Kai adalah tipe idealnya. Dia sering membicarakannya di siaran televisi; apa jawabanmu untuk dirinya?

Kai : Terima kasih banyak. Aku adalah fans berat drama ‘A Gentleman’s Dignity’ Aku tidak sering menonton drama, namun aku mengikuti yang satu ini! Yoon Sae-ah-nim, aku menikmati menonton dramamu. Aku akan bekerja keras dan bertemu denganmu di kemudian hari!

Q : Apa arti Kangta bagi Kai?

EXO : Kai tidak hanya terlihat seperti Kangta, dia juga mirip dengan Kim Joonchan, pemain baseball, dan juga aktor Ahn Moonsook dan Cha Taehyun.

Kai : Aku ingin secara pribadi melakukan tes DNA untuk membuktikan hal itu. Untuk menambahkannya, Baekhyun-hyung terlihat seperti pelawak wanita, Lee Seongmi.

Chanyeol, king of visual
(1992.11.27 – Nama asli: Park Chanyeol)

Q : Kau pasti sangat percaya diri; tolong membual tentang kasima-mu untuk keinginan hatimu!

Chanyeol : Aku riang dan optimis. Aku menyukai orang-orang, tapi lebih dari apapun, aku mencoba untuk mencintai diriku sendiri. Aku bagus dalam hal alat musik instumental dan memasak. Julukanku adalah Don Quixote karena aku bisa memperbaiki banyak hal. Dari komputer sampai alat elektronik lainnya; Jika itu rusak, aku bisa memperbaikinya. Aku dipasang sebagai kursi pijat di dorm kami!

EXO : Dia adalah lelaki poster untuk ‘Can you do it?’. Dia berusaha yang terbaik dan menyenangkan di segala hal.

Q : Nama Sulli f(x) muncul di bawah pencarian terkait. Bagaimana dengan menjadi MC di M!Countdown?

Chanyeol : Aku sudah dekat denganya sejak kita masih trainee. Ada banyak orang yang salah paham tentang kami, tapi kami benar-benar hanya teman dekat. Sangat menyenangkan menjadi MC satu hari! Aku sangat gugup waktu itu, tapi aku rasa aku telah melakukannya dengan baik. (tertawa)

Q : Saat di radio, kau pernah mengklaim dirimu memiliki visual terbaik. Apakah pemikiranmu itu masih tetap bertahan?

Chanyeol : Tentu saja! Namun, itu hanya karena aku sangat mencintai diriku sendiri. (tertawa) kenyataannya, keduabelas dari kami semuanya tampan. Setiap orang berperingkat #1 dalam hal rupa.

Q : Apa arti f(x) bagi Chanyeol?

Chanyeol : Sunbae dan teman kerja yang hebat di mana menjadi orang yang bersamaku selama melewati masa trainee.

Source: Sports Seoul
English Translator: profippun @ CODE:EXO
Editor: cityscape @ CODE:EXO
Indonesian Translation by: Neni & Doremi @ EXOFID
PLEASE TAKE OUT WITH FULL & PROPER  CREDITS!

One thought on “[NEWS] (130816) 12 Laki-laki dengan 12 Warna, “Apa Arti Girls’ Generation, f(x) dan President Lee Sooman bagi EXO?”

    anggi adelia.n (@adeli4_n) said:
    September 30, 2013 at 2:38 PM

    tamabah suka sama mereka…hha ~~

Leave a Reply

