[TRANS] 130925 IZE Interview – “EXO ③ Lima Puluh Juta Orang Mengenali EXO adalah Tujuan Kami”

Posted on

Kita hanya bisa menggambarkannya dengan kejadian yang menakjubkan. Sebuah fenomena di mana baru-baru ini menunjukkan EXO berkumpul menjadi satu, tidak diprediksikan dari rookie yang debut lebih dari setahun lalu. ‘Growl,’ yang telah dirilis lebih dari sebulan yang lalu sampai sekarang masih saja berada di top 5 music chart dan penjualan album pertama mereka <XOXO> serta repackaged album mereka melampaui 700.000 album. Debut dengan ‘MAMA’ di bulan April 2012, setelah melewati absen sekitar satu tahun lamanya, mereka melewati masa ‘Wolf and Beauty’ dan sekarang bisa dibilang kalau mereka sukses dengan pasti sebagai EXO dengan ‘Growl.’ Dan selama debut mereka dibagi menjadi EXO-K, tim yang berpromosi di Korea, dan EXO-M, tim yang berpromosi di China, tegah berkumpul bersama menjadi satu tim seperti slogan penyemangat mereka, “WE ARE ONE” dan menunjukkan penampilan untuk level selanjutnya. Untuk bertanya kepada mereka bagaimana mereka dapat tumbuh di waktu yang cukup cepat ini, <IZE> bertemu EXO. Wawancara EXO akan diungkap selama empat hari, cerita terakhir adalah mengenai waktu EXO, masa trainee, dan tujuan mereka. mari kita lihat cerita dari Kai dan D.O, Kris dan Chanyeol kali ini.

Waktu Luang
Ketika kalian semua memiliki waktu luang, apa yang biasa kalian lakukan di dorm.
Chanyeol: Aku berbagi kamar dengan Tao dulunya dan orang ini melakukan seperti anak kecil untuk bersenang-senang. Dia berakting berbicara seperti ini dan bahkan bergerak sedikit lebih banyak kemudian berkata seperti itu, dan cara bicaranya berubah dari sebelumnya, berkata, “Ah, di mana ini?”
Xiumin: Dia tidak akan melakukan hal itu jika sendirian. Ketika para member ada atau merasa lelah, ia bercanda ke sekililing. Kelakuannya termasuk aegyo tapi, aku berharap dia tidak melakukannya. Orang yang menyaksikannya saja akan merasa tidak nyaman. (tertawa)
Tao: Hahahaha. Hyung juga melakukannya denganku! Kita melakukannya di dorm bersama-sama, kan? Jika aku berkata, “Xiumin hyung, ayo lakukan ini bersama.” kau menjawab, “Uh, okay.”
Xiumin: Berarti (mungkin karena) aku merasa bosan juga.
Tao: Ada hal lucu yang kita lakukan bersama. Ayo tunjukkan pada mereka. (tertawa)
Xiumin: Apa yang perlu ditunjukkan. Hal itu selalu hanya (seolah-olah) menembakkan pistol dan meninggal akibat tembakan.

Saya juga mendengar kalian dibagi menjadi tim EXO-M dan EXO-K saat bermain bola basket.
Xiumin: Secara keseluruhan, anggota EXO-M adalah orang-orang yang sering berolahraga sejak dulu. Seperti yang diduga, kami banyak bermain bola basket, sehingga menaikkan tenaga kami. Bahkan jika kau melihat secara objektif, posisi kami dibagi secara sempurna. Yang tertinggi Kris adalah yang ditengah dan si cepat Luhan merupakan seperti penjaga. Dia sangat jago dalam hal 3-pointer shots. Karena Tao dia kuat, dia merupakan yang menguasai depan dan Lay juga di depan namun sedikit berbeda dengan Tao. Karena aku tidak terlalu jago dalam hal basket, aku adalah ‘ball-boy’ (tertawa)
Sehun: Aku ingin bertepuk tangan terlebih dahulu untuk skill basket EXO-M. Kris hyung mempunyai skill sebagai atlet dan member lainnya juga bagus. Member EXO-K semuanya tidak bisa benar-benar bermain. (tertawa) Karena level-nya sangar berbeda, kami berusaha untuk tidak bermain basket. Faktanya kalau kami bermain permainannya adalah ketika kami masih trainee.

Masa Trainee
Mau itu lama atau singkat, kalian semua telah melewati masa trainee, tapi apa pengaruh waktu itu yang diberikan kepada kalian.
Suho: Ketika kau menjadi trainee pada saat masa-masa remaja-mu, kau akan menjadi lebiah berhati-hati dan cenderung dapat menjaga kata-katamu. Karena kau harus bersaing dengan teman-teman lain dan untuk mencapai impian menjadi seorang penyanyi, kai harus mengakhirinya dengan hidup seperti ‘gaya kerja’. Bukan berarti aku mempunyai pekerjaan lain tapi bukankah kehidupan sosial selalu membuat orang tegang dan memberikan bebdan harus menyelesaikan sesuatu. Karena aku mengalaminya sejak muda, aku rasa ada bagian dari diriku di mana aku agak berhati-hati dengan semua yang aku lakukan.
Baekhyun: Di sisi lain, jika kau mempunyai masa trainee yang lama, mental-mu akan sangat kuat. Dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki masa trainee cukup singkat, aku rasa mereka dapat merosot/jatuh karena hal-hal kecil. Awal tahun ini, aku mengalami penurunan sedikit karena bernyanyi. Itu terjadi karena aku tidak tahu bagaimana seharusnya aku menyanyi. Karena aku sudah debut dan aku harus memperlihatkannya segera, aku khawatir tentang ‘apa yang harus aku lakukan.’ Tapi, Suho hyung tidak seperti itu dan selalu mempertahankan ketenangannya. Aku pikir karena kekuatan kemauannya kuat, dia dapat bertahan untuk tidak jatuh. Tentu saja pasti ada poin-poin buruknya juga. Kepribadian Suho hyung benar-benar berbeda denganku, karena kami terjebak dalam hal formalitas, aku ingin mematahkan itu.

Bagaimana kepribadian kalian berdua berbeda. (t/n: Suho dan Baekhyun)
Baekhyun: Suho hyung adalah tipe yang melakukan dengan ‘aturan praktis’ sedangkan aku ini tipe yang melakukan hal yang ada gunanya. Contohnya, jika ada soal matematika dan seseorang mengajariku bagaimana untuk menyelesaikannya, aku selalu merasa ada gunanya juga (tertawa) Aku adalah tipe yang banyak memikirkan tentang ‘apa yang harus aku lakukan untuk mencari cara tercepat menyelesaikan ini, apa yang bisa aku lakukan untuk mengingat ini dengan cepat.’ Pernah sekali ketika kami mandi bersama, Suho hyung memberitahu-ku kalau karena aku, dirinya menjadi lebih lembut. Seperti yang diduga, aku menatap hyung dan berpikir, ‘seseorang bisa menjadi seserius itu.’ Awalnya, aku adalah orang yang seperti bulu yang dapat melayang tinggi ke langit tapi berkat hyung, aku rasa aku mulai sedikit berubah

Bagaimana dengan masa trainee member lain.
Sehun: Aku dipilih saat kelas 6 dan dengan resmi memulai masa trainee-ku di kelas 2 SMP. Karena dulu aku masih sangat kecil, pertamanya aku agak bingung dan mulai kelas 1 SMA aku berpikir ‘Aku tidak bisa melakukannya jika seperti ini.’ Karena impian orang lain saja masih tetap bertahan. Sejak itu aku berlatih dance lebih banyak.
Xiumin: Aku mengikuti seorang teman untuk audisi dan beruntungnya lolos dan bergabung dengan perusahaan. Pada waktu itu aku masih kelas 3 SMA yang tengah mempersiapkan untuk ujian masuk perguruan tinggi dan karena aku tidak langsung debut dan harus melewati masa trainee, aku banyak berpikir tentang itu. Tapi karena satu-satunya tempat yang dapat dipercaya adalah perusahaan, aku berpikir aku harus terus setia berlatih.

Tujuan EXO
Apa yang kau pikirkan jika kau tiba-tiba menjadi seorang pemuda biasa dari semua keadaan seperti sekarang (terkenal).
Kris: Karena aku bermimpi menjadi pemain basket sebelumnya, sejujurnya aku bisa menjadi pemain basket lagi. Namun jika aku harus menghabiskan hidupku sebagai orang biasa, aku tidak merasa aku akan bisa menerima itu. Kemungkinan besar setiap orang akan seperti itu. Karena di negara asing, 4-5 tahun lalu aku datang ke Korea dan berusaha sangat keras saat latihan. Jika aku tiba-tiba kehilangan pekerjaan ini, aku akan sedih dan pulang.
Sehun: Sejujurnya, aku pikir akan ada kebebesan, dan ada beberapa sisi baiknya. Tapi, aku tidak mau kembali. (malu-malu tertawa) Karena aku adalah EXO.

Kalian telah debut dan karena sekarang kalian dengan resmi mendapatkan popularitas, semuanya mulai subuk. Untuk sementara kalian akan hidup seperti ini, hal apa yang kalian pikirkan agar orang-orang harus tetap bertahan tidak peduli seberapa keras yang mereka hadapi. (t/n: untuk EXO)
Lay: Itu adalah sesuatu yang bisa kami lakukan bahkan untuk sekarang tapi, jangan pernah lupa untuk berkata “terima kasih”
Chen: Orang yang dapat dipercaya. Karena bahkan jika kita tumbuh dewasa dan bekerja sebagai idol, jika kita menunjukkan ke orang-orang kalau kita adalah orang yang dapat dihandalkan, kita bisa keluar/meninggalkannya dengan imej yang bagus kepada semua orang.
Baekhyun: Aku ingin membuat perjanjian di antara para member. Jika kita mempunyai banyak waktu bebas, hanya pergilah ke rumah, bertemu teman laki-laki, atau hanya olahraga. Sejujurnya, aku tidak berpikir belum ada waktu untuk kita bersenang-senang. Ini pemikiranku tapi… sampai umur 35? Aku harap tidak ada yang lupa tentang ‘sosok yang ingin ia contoh’ saat kami debut dulu karena kami tenggelam dalam kesenangan. Aku harap tidak ada yang lupa dengan tujuan mereka sendiri. Karena satu hal seperti itu, aku tidak bisa melihat EXO menjadi hancur.
Suho: Untukku, adalah untuk mencintai semua member EXO. Bukan hanya satu orang.
Baekhyun: Suho hyung akan membimbing kita ke arah yang baik. Karena dia adalah orang yang tepat.

Lalu apa tujuan EXO secara keseluruhan.
Lay: Sekarang, daripada member secara individual menjadi popular atau menonjol, aku rasa jika EXO menjadi lebih dikenal akan lebih penting. Suho kami, leader pernah berkata seperti ini, “Lima puluh juta orang di Korea mengenali EXO adalah tujuan kami.” Aku pikir kami masih memilki jalan yang panjang.

Berapa banyak orang yang kau pikir sekarang mengenali EXO.
Suho: Aku rasa untuk remaja sekitar sembilan dari sepuluh dan untuk usia dua-puluhan sekitar enam dari sepuluh. (tertawa)

Yang terakhir, jika kau mendefinisikan EXO dengan satu kata.
Kris: Untukku, EXO adalah pizza. Setiap member adalah potongan pizza karena kita semua harus ada untuk kita menjadi satu.
D.O: Jika hanya ada satu orang yang tidak ada, maka itu tidak sempurna.

Read the English Translation here

Source: Ize
English Translation: nahbit @ exok-trans
Indonesian Translation: doremi @ EXOFID
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!

Leave a Reply

