[TRANS] 130923 IZE Interview – “EXO ① Dengan Penampilan ‘Growl’ Kami Mampu Menjadi Lebih Nyaman”

Posted on Updated on

Kita hanya bisa menggambarkannya dengan kejadian yang menakjubkan. Sebuah fenomena di mana baru-baru ini menunjukkan EXO berkumpul menjadi satu, tidak diprediksikan dari rookie yang debut lebih dari setahun lalu. ‘Growl,’ yang telah dirilis lebih dari sebulan yang lalu sampai sekarang masih saja berada di top 5 music chart dan penjualan album pertama mereka <XOXO> serta repackaged album mereka melampaui 700.000 album. Debut dengan ‘MAMA’ di bulan April 2012, setelah melewati absen sekitar satu tahun lamanya, mereka melewati masa ‘Wolf and Beauty’ dan sekarang bisa dibilang kalau mereka sukses dengan pasti sebagai EXO dengan ‘Growl.’ Dan selama debut mereka dibagi menjadi EXO-K, tim yang berpromosi di Korea, dan EXO-M, tim yang berpromosi di China, tegah berkumpul bersama menjadi satu tim seperti slogan penyemangat mereka, “WE ARE ONE” dan menunjukkan penampilan untuk level selanjutnya. Untuk bertanya kepada mereka bagaimana mereka dapat tumbuh di waktu yang cukup cepat ini, <IZE> bertemu EXO. Mulai hari ini, wawancara EXO akan diungkap selama empat hari, hari pertama adalah cerita bagaimana ‘Growl’ dipersiapkan dan cerita ringan namun menarik secara individual dari Xiumin, Luhan, Tao, dan Sehun.

‘Wolf and Beauty’ vs ‘Growl’
Kalian semua menerima banyak popularitas dari ‘Growl.’ apakah kau menyadarinya.
Suho: Aku pergi ke ahli kulit dan seorang pelajar laki-laki mengenaliku di dalam lift. Jadi aku sedikit menyadari hal itu (menjadi terkenal).
Chen: Juga, ketika kami pergi ke Sungai Han untuk berolahraga, seorang nenek bertanya kepada kami, apakah kita ini EXO. (tertawa)
Baekhyun: Dan orang-orang yang menaiki sepeda memutar musik mereka dan berkeliling, tapi mendengar bahwa itu lagu kami adalah hal yang menakjubkan.
Kris: Aku merasakannya ketika kami pergi ke Idol Star Athletics. Banyak fans yang datang dan walaupun kami syuting sampai jam 2 pagi, mereka masih berada di sana sampai akhir.
Xiumin: Mereka semua mempunyai semangat. Benar, ini tidak bohong, mulai dari awal hingga akhir, mereka berada di tempat yang sama dan menyemangati kami. Bahkan dari kejauhan mereka dapat melihat kami. Bahkan jika ada ratusan artis mengenakan pakaian yang sama, jika kami melakukan gerakan sedikit saja, dari tempat para fans langsung terdengar sorakan nyaring “Wah~.” Terima kasih kepada mereka, aku mendapatkan banyak kekuatan.
Kai: Aku pikir itu karena warna rambut. (tertawa) Mereka bersorak untuk kami sangat nyaring. Para fans biasanya melakukan apa yang aku lakukan juga, ketika aku bertepuk tangan, mereka akan bersama-sama betepuk tangan dan ketika aku berteriak, mereka akan berteriak bersama.

Tidak lama setelah masa ‘Wolf and Beauty’ berakhir, kalian semua kembali lagi dengan lagu ‘Growl,’ namun berapa lamakah kalian berlatih sebelumnya.
Chanyeol: Kami menyiapkan ‘Wolf & Beauty’ dan ‘Growl’ secara bersamaan. Dalam sekitar waktu yang sama kami menerima koreografi dari kedua lagi, jadi kamu mulai berlatih.
Lagunya mulai dari November lalu, koreografi-nya mulai dari tahun ini bulan Februari sampai comeback, kami berlatih sekitar tiga bulan.

Bukankah kedua lagu ‘Wolf & Beauty’ dan ‘Growl’ mengekspresikan seekor imej serigala.
Bagaimana kalian merasakan perasaan dari seekor serigala dari dua lagu yang berbeda.
Lay: Menurut pendapatku, ‘Wolf & Beauty’ adalah serigala yang berkarismatik dan ‘Growl’ merupakan serigala yang sedikit berguyon? Seperti seekor serigala yang dingin/keren. (tertawa)
Baekhyun: Haruskah aku berkata kalau itu adalah serigala yang tidak kau sukai namun tidak bisa untuk tidak disukai.
Chanyeol: Jika ‘Wolf & Beauty’ adalah serigala yang memiliki perasaan keras seperti halnya binatang buas, Aku rasa ‘Growl’ sedikit lebih lembut dan serigala yang rumit.
D.O.: Aku rasa yang terakhir ini agak dekat dengan seorang lelaki serigala.

Gaya oreografi dari kedua lagu benar-benar berbeda, bersyukurlah atas hal itu, pasti merasa seperti kau menyanggupi sebuah pencarian sambil melakukan satu demi satu.
Kai: Sejak masa trainee-ku, aku biasanya menari urban style. Itulah mengapa ketika melihat koreografi ‘Growl’ aku merasa, daripada menjadi sulit, “kita harus melakukan ini sambil menikmati diri kita sendiri di atas panggung.” Kami juga melakukannya dengan asyik ketika latihan. Dalam ‘MAMA’ atau ‘Wolf & Beauty,” lagu-lagunya tidak hanya sangat kuat tapi di atas panggung tidak hanya menari, kami perlu mengekspresikannya lebih. Dalam ‘MAMA’ isinya penuh kesungguhan, sedangkan dalam ‘Wolf & Beauty’ karena mereka berkata kami perlu benar-benar mengekspresikan diri kita sendiri sebagai serigala, kami banyak mendengarkannya lagunya. Aku rasa kita juga memutuskan ‘pada waktu ini kita harus melakukan ekspresi ini’ atau mendengarkannya ketika lagunya keluar.
Baekhyun: Jika di ‘Wolf & Beauty’ poin utamanya adalah dance grup, ‘Growl’ merupakan funky dan tarian dengan groove. Dan juga karena music videonya diambil dengan sistem ‘one-take’, sudut-sudutnya sedikit berbeda. Aku sangat bahagia karena kami dapat menunjukkan music video kami sendiri yang dapat membedakan kami dari yang lainnya. Aku pikir ‘mampukah kami dapat melakukan dengan baik kali ini?’ tapi karena banyaknya orang-orang yang mencintai kami, terima kasih.

Bagaimana untuk mengekspresikan seekor serigala.
Untuk versi-versi music video-nya ada dua Korean version dan dua Chinese version, dan totalnya ada empat versi. Tidakkah membingungkan ketika melakukan koreografinya.
Chanyeol: Bahkan ketika latihan, kami membandingkan part-part tersebut. Kami tidak berlatih dengan hanya langsung satu versi tapi kami melibatkannya semua, Chinese version, versi penampilan panggungnya, dll. semuanya, jadi kami tidak akan bingung. Ketika seseorang berkata ‘ini!’ koreografi untuk versi tersebut akan segera muncul.

Bagaimana rasanya saat rekaman vokal. Ada R&B vokal ikut dicampur, tapi ini adalah lagu yang tidak lembut tapi perlu memiliki perasaan seperti pemberontak hidup.
Kai: Jika kau melihat cerita ‘Growl,’ isinya adalah suatu peringatan untuk orang lain. Itulah mengapa kami menyanyi atau menge-rap-kannya benar-benar seperti tengah memperingatkan seseorang. (menunjukkan gerakan yang dia lakukan di atas panggung) Seperti lirik, ‘Aku memperingatimu karena kau tidak mengetahuinya,” Aku rasa, aku menyanyikannya sambil membayangkan bahwa aku tengah memberitahu orang di depanku untuk berhati-hati.

Aku rasa latihan mengekspresikannya melalui akting juga hal yang terpenting.
Baekhyun: Sebelum kami syuting ‘Wolf & Beauty,’ kami menyaksikan hal-hal seperti <Animal’s Kingdom> Kami meneliti bagaimana seekor serigala berbaring dan perasaan ketika melihat ke atas langit dan melolong, dll. Kami banyak menontonnya dan bahkan sambil menirukannya, kami mencoba mengekspresikan diri kita sendiri semirip mungkin dengan serigala. Kami mencoba untuk menunjukkan hal-hal seperti karisma dari seekor serigala.
Sehun: Aku juga sama, tapi tidak semua member menonton videonya, hanya beberapa. (tertawa)
Chanyeol: Dan kami juga melihat ekspresi masing-masing yang kita buat di panggung.
D.O.: Dalam kasus Suho hyung, dia bertanya bagaimana ia terlihat ketika kami latihan, dan sisanya mungkin akan berlatih gerakan, ekspresi, dll dengan cara mereka sendiri. Itulah mengapa aku tidak merasa kami mengatakan apapun tentang siapakah yang melakukannya lebih baik. Kami hanya mengekspresikannya sebagaimana kita menginginkannya. Tentu saja jika ada member dengan ekspresi aneh, kami akan memberitahunya, tapi tidak ada yang seperti itu.

Apakah kau juga mempunyai waktu ketika kalian memantau penampilan di panggung bersama.
Kai: Kami selalu berkumpul bersama dan menontonnya lagi setelah siaran musiknya selesai. Sejujurnya, setelah kami debut, minggu pertama, kami masih kikuk karena kami tidak begitu mengenal kamera, kami banyak berbicara tentang sisi itu, dengan berjalannya waktu, semuanya mulai terbiasa. Akhir-akhir ini kami memantau mengenai sisi kurangnya dan menyetujui bagian-bagian di mana para member masing-masing melakukannya dengan baik sambil berkata, “Wow, kau melakukannya dengan baik!”

Performance dan Akting
Dalam versi ‘one-take’ (yang digunakan dalam music video Growl), kameranya bergerak dengan cepat dan hanya menampilkan dua belas member sangat sinkat tapi saya penasaran dengan bagaimana masing-masing member berusaha untuk menarik dirinya selama waktu itu.
Luhan: Aku ingin menunjukkan sisi yang sangat seksi namun jika aku berusaha menjadi seksi, para fans hanya mengatakan kalau aku lucu. Aku tidak berpikiri aku bisa melakukan hal seperti itu.
Tao: (Luhan hyung) sedikit manly di dalamnya. Tapi, dia tidak seksi. (tertawa)
Luhan: Aku tidak begitu tahu apa itu seksi sebenarnya. Aku pikir Kai itu seksi.
Xiumin: Aku rasa hal itu sejalan dengan penampilanmu. Penampilan yang bijaksana, daripada diriku sendiri atau Luhan, tidakkah Tao terlihat seksi.
Tao: Aku iri dengan penampilan lucu Luhan hyung.
Xiumin: Tapi, kau tidak lucu. Hanya bagaimana kau bersikap itu lucu. (tertawa)
Tao: Aku tahu. (tertawa)
Xiumin: Dalam kasusku, ada sedikit koreografi di mana aku mengambil topi jadi aku ingin memberikan perasaan anak jahil. Karena aku sangat terlihat seperti anak jahil, aku rasa aku melakukan hal yang baik. (tertawa) Walaupun itu berbeda dari kepribadian asliku.
Luhan: Tidak, aku rasa itu mirip.
Xiumin: Aku terlihat jahil?
Luhan: Yeah. Kau mempunyai banyak rasa candaan. Kau sangat lucu.
Xiumin: Aku melakukannya hanya untukmu. Karena aku menghargai Luhan.

Bagaimana dengan member lainnya.
Kris: Di performance pertama kami untuk ‘Wolf,’ aku melakukan sebuah kedipan mata tapi aku menyerah karena sangat sulit. Untuk ‘Growl,’ aku membenarkannya ketika dari mana kamera datang dan hanya menatap tajam ke arahnya. Tapi aku mencoba dengan terbaik untuk menjadi yang berbeda dari member lainnya jadi aku menunjukkan imej yang berbeda dari ‘MAMA’ atau ‘Wolf.’ Ada saat ketika aku merasa kacau tapi merasa hal yang selama ini aku tunjukkan semuanya baik-baik saja.
Baekhyun: Kalau aku, aku memiliki konsep seorang lelaki yang hanya melihat kepada satu wanita dan mempunyai sifat gugup, tapi ia ingin menjadikan wanita itu miliknya. Karena para member masing-masing mempunyai imej sendiri, orang-orang yang menonton akan merasa jika kepribadian para member ditampilkan dengan baik.

Pada akhirnya, akting juga termasuk hal pengekspresian selama performance-mu.
Suho: Bukankah koreografinya sendiri mempunyai perasaan lucu dan seksi. Liriknya juga kuat. Inilah mengapa selama melakukan koreografi yang lucu, aku mungkin saja tersenyum, dan ketika ada lirik seperti “kau hanya berdiam di sana sambil melihat ke arahku (neon geunyang geudaero isseo namaneul bara bomyeonseo),” Aku berpikir untuk menjadi seksi. Aku hanya berusaha seperti tengah meraih dua kelinci tapi aku tidak tahu jika aku melakukannya dengan baik.
Baekhyun: Aku rasa akting yang kita ucapkan umumnya dan akting selama performance adalah konteks yang sama. Ketika melihat Seo Inguk sunae atau Jung Eunji A-pink di tvN <Reply 1997>, sebanyak mereka berakting gerakan dan ekspresi di panggung, ternyata juga keren di dramanya pula.

Apakah ada member yang beraksi di atas panggung tanpa beban apapun.
Suho: Aku adalah orang yang melakukannya dengan banyak beban tapi walaupun ini adalah koreografi yang serius dan sengit, aku berusaha untuk menikmati fakta kalau aku tengah di atas panggung.
Baekhyun: Ada gerakan di mana Kai dan aku lakukan saat di bagian “gelap di depan mataku (nun api da kkamkkamhae)” Aku merasa sangat menyenangkan bagaimana cara kami mengubahnya setiap saat seperti kita terlihat tanpa beban apapun. Para fans juga menyukainya.

Bisakah kalian semua mencoba hal-hal ini karena kalian telah terbiasa di panggung sejak debut.
Baekhyun: Ketika kami melaksanakan promosi ‘MAMA’ kami sangat gugup. Inilah mengapa, saat masa debut kami melakukan sama persis dengan apa yang guru kami ajarkan, sekarang kami mencoba untuk mengungkapkan gerakan dengan menambahkan apa yang kita rasakan di atas panggung. Pada saat yang sama ketika kami menemukan kemudahan, kami dapat menunjukkan kemudahan kami.

Read the English Translation here

Source: Ize
English Translation: nahbit @ exok-trans
Indonesian Translation: Doremi @ EXOFID
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!

Leave a Reply

