[MAGAZINE/TRANS] So Cool Magazine – EXO’s Issue (Part 2)

Posted on

EXO-K dan EXO-M
‘We Are One’ bukanlah kalimat yang sederhana.

Sekarang, KPOP menjadi tren di dunia, tak terkecuali di China. Tapi jika kau bertanya grup mana yang mendominasi pasar, tentu saja artis SM lah jawabanya. Mungkin EXO memang sangat dipertimbangkan dalam pasar ini, membuat aktivitas EXO terpisah menjadi EXO-K dan EXO-M sejak awal. Keuntungannya adalah, meningkatkan popularitas 2 kali lipat, 2 kali lipat hasil dalam sekali promosi, dan bahkan bisa membagi 1 lagu menjadi 2 dalam bahasa berbeda. Ini adalah cara promosi yang berbeda dari Versi China yang langsung diterjemahkan dalam bahasa Korea. Setelah memperhatikan, kau akan menyadari, bahwa lagu itu adalah milik K atau M, semua lirik itu benar-benar dibuat semirip mungkin. Meskipun lirik Chinese tidak cocok dengan melodi Korea, kau bisa menyadari bahwa SM berinvestasi pada pasar China melalui album ini. Aktivitas dari K hanya biasa-biasa saja, selain tampil di panggung tidak ada jadwal lain. Saat waktu luang mereka pergi menjadi relawan. Tapi, di China promosi M sangat berarti, Online media, TV media, Print media, lagu baru, iklan, Variety Show… Pada kenyataannya EXO-M sudah melakukan semua cara promosi. Jika kau membandingkan promosi EXO, mereka selesai di China, tapi tidak dapat menghadiri variety show, sedangkan di Korea mereka bahkan belum memulai.

Cool : Kita bisa melihat, jika membicarakan industri musik, pasar China termasuk yang terbesar. Menurut kalian, apa keuntungan membagi promosi menjadi EXO-K dan EXO-M?
Lay : Menurutku, daripada dibilang ‘menguntungkan’ EXO lebih bisa dibilang grup unik. Cara debut kami yang unik, dan K maupun M bisa saling membantu. Karena banyak member, kami bisa mencoba hal baru dalam style. (Kami tidak yakin pada kata ‘banyak member’.)
Sehun : Dipisah menjadi 2 grup menjadikan kami bisa lebih leluasa bertemu fans di Korea dan China. K dan M juga bisa menunjukkan kelebihan dari setiap grup.
Kris : Keuntungan yang paling utama adalah kami bisa menyeimbangkan promosi di Korea dan China. Efek dari aktivitas kami juga 2 kali lipat dari grup biasa.
Chen : Aku juga berpikiran sama.
Chanyeol : Menurutku, dibanding grup lain, kami jadi lebih leluasa untuk berkembang, bisa memilih Chinese ver atau Korean ver untuk didengar, punya ciri khas tersendiri, dan itu bagus.
Suho : Bisa promosi di Korea dan China membuat EXO semakin dikenal, dan bisa membantu pertukaran budaya Korea dan China (Leader menambahkan artian baru yang bermakna)

Cool : Saat melakukan promosi terpisah di era MAMA, bagaimana perasaan kalian sekarang? Setelah member menjadi satu, apa yang kalian lakukan di bandara?
Lay : (sangat bersemangat) Aku senang! Tapi saat di bandara kami hanya istirahat karena kelelahan.
Kris : Meski menyenangkan bisa bersama, tapi akhir akhir ini kami sibuk dan kurang tidur. Tidak ada cukup waktu tidur.
Luhan : Aku juga merasa senang bisa bersama. Tapi saat di bandara, aku lebih memilih istirahat, ada beberapa member yang masih bermain main. (Siapa itu? ‘beberapa member’ berarti semua member. Yang juga termasuk 3 orang ini)
Baekhyun : Karena EXO bersama, kami bisa menunjukkan penampilan yang lebih untuk fans. Ini yang kurasakan.
Sehun : Aku merasa ini semua berarti – aku sangat senang! Saat kami bersama, aku suka berbicara atau bermain dengan mereka. Chanyeol : Bagaimanapun, berkumpul bersama setelah terpisah, membuatku bahagia! Aku juga senang bermain game.
Kai : Ini sangat menyenangkan, karena saat waktu istirahat kami membicarakan hal-hal menarik atau bermain game. Kami tidak akan diam saat di bandara, kami akan menghabiskan waktu dengan hal menyenangkan. (Apakah kau bilang para hyung-mu garing saat tidur atau istirahat? Bahkan Kai tidak tidur!)
Xiumin : Saat ber-12 kami merasa stabil, dan panggungnya penuh terisi dan kami bisa menunjukkan performa yang lebih. Setengah dari member M akan istirahat, tapi aku masih suka bermain main. (Big brother, apa kau mengejek ketiga orang itu?)
Suho : Bisa bersama itu menyenangkan. Saat kami menunggu di bandara kami akan bermain, bernyanyi, kegiatan seperti itu. Setiap hari terasa seperti pesta. Sangat hebat. (Manager pasti sakit kepala.)
Chen : Karena beraktivitas bersama, tak ada perasaan bosan.
Tao : Selalu ada baik dan buruk, tapi aku merasa bahagia. Karena semua member adalah 1.

Cool : Tidak begitu lama sejak debut EXO. Apakah ada member yang paling memiliki variety sense?
Lay : Aku! Aku sangat konyol. Hahahahah (tertawa sendiri) selain aku, pasti Baekhyun!
Luhan : Lay sangat tahu cara mengekspresikan dirinya – orang dengan variety sense adalah aku!
Sehun : Aku setuju Baekhyun, tapi Chanyeol, Chen dan Suho juga tidak buruk. (berpikir hati hati) kupikir setiap orang menarik.
Chen : Para member sangat berbakat, tapi jika harus memilih, aku akan memilih Baekhyun dan Chanyeol.
Kris : Untuk sekarang, aku tidak tahu mana yang lebih menarik, tapi aku setuju untuk memilih Baekhyun.
Xiumin : Jika aku menyusun jawaban maka itu Baekhyun, Lay dan Chanyeol.
Baekhyun : Semua orang terlalu banyak memujiku! Sebenarnya yang tak terduga adalah Tao, Lay dan Chen! Mereka lebih lucu dariku. Variety sense kami sangat bagus! (Baekhyun memberi 4 voting! Adakah yang menominasikan diri? Luhan hanya punya 1 vote, adakah orang yang mendukungnya?)
Chanyeol : Aku merasa bahwa D.O lucu, dan bukankah member yang paling ber-variety sense adalah Chen?
Kai : Aku juga merasa itu D.O.
Suho : Sebenarnya aku adalah orang yang lucu hahahaha… Tapi, variety genius yang cute adalah Baekhyun.
Tao : Bukankah orang yang punya variety sense adalah Tao? Sebenarnya setiap member punya cara tersendiri untuk menunjukkan variety sense nya.

Cool : EXO-K sudah memiliki sponsornya sendiri. Bagaimana syuting dari iklan itu? EXO-M juga harus segera mendapat sponsor. Produk apa yang akan kalian pilih? Bagaimana kalian syuting iklannya? Bayangkan sedikit.
Baekhyun : Karena syuting sponsor ini dilakukan saat kami masih baru, kami merasa gugup. Kami takut tidak bisa melakukan dengan baik.
D.O. : Saat kami syuting ada banyak hal menarik terjadi. Jadi aku tak merasa lelah.
Chanyeol : Sebenarnya kami sangat gugup saat syuting CF pertama kami. Juga sangat bersemangat. Member EXO-M memiliki bakat, kupikir mereka akan melakukan lebih baik dari aku.
Lay : Kalau ada sponsor yang ingin bekerja sama, kami akan merasa terhormat, kami akan menerima semua sponsor.
Luhan : Ya, apapun itu, kami akan melakukannya.
Tao : Karena kami baru, kami ingin mencoba segalanya, ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Cool : Jika M mendapat sponsor sekarang, apakah K akan memberi nasihat?
Kai : Sebenarnya aku sangat gugup saat proses berlangsung. Jadi saat M melakukannya jangan gugup, nikmati saja!
Suho : Pertama kali kami syuting sangat berarti. Meski wajah kami penting, tapi produknya harus lebih berhasil. Bagian ini yang sulit, apalagi iklan minuman, kau harus membuat ekspresi yang menyegarkan.
Xiumin : (tiba tiba bersemangat setelah membicarakan minuman) Aku ingin membintangi iklan Coca Cola!
Sehun : Semua sangat berarti dan hebat. Dan jika kau syuting iklan minuman, kau harus benar benar menunjukkan ekpresi segar!
Chen : Aku ingin membintangi iklan baju.
Kris : Aku rasa, aku bisa men-sponsori ‘Angry birds’! (menunjukkan wajah sangarnya)

Meski kami terlihat liar di panggung, tapi kami adalah lelaki yang sudah dewasa.

Disekolah, cara guru mengajar adalah ‘jadilah kutu buku’ atau ‘jika kau terbiasa mengerjakan tugas, maka itu akan mudah’. Sebenarnya cara ini memiliki point, atau bagaimana EXO memiliki banyak fans? Suatu cara yang baik untuk diambil. Jika mereka mendominasi tampil agresif di panggung, tapi bagaimana mereka saat dikehidupan biasa? Kami percaya, banyak fans yang juga penasaran, karena Xiao Cool juga penasaran, maka kami akan melenceng sedikit di part ini, meski EXO jauh lebih melenceng karena melakukan promosi 80.000 dari planet mereka…. Orang-orang ini yang selalu berbicara bahwa mereka menang, tolong berhati-hatilah karena di masa depan mungkin saja kau akan bekerja di dapur untuk waktu yang lama! (tertawa)

Ketika kami melenceng dari interview, kami juga berpikir, apakah mereka yang biasa menghabiskan hari dengan latihan punya waktu privat? Kami juga menyiapkan mental kami. Mungkin pertanyaannya ‘apa yang kau lakukan di waktu senggang?’ mungkin jawaban mereka akan membuat wawancara ini lebih berisi. Jika kami tidak bertanya, apa isi dari wawancara ini? Tapi jika kami bertanya, kami takut mereka akan menjawab ‘kami menghabiskan sebagian besar waktu untuk latihan, dan karena terlalu lelah, kami menghabiskan waktu luang dengan beristirahat’. Untuk sebuah grup yang naik daun seperti EXO, sangat wajar bahwa pertanyaan semacam ini memberi mereka ‘istirahat’ tapi juga sangat mengganggu. (Mereka sangat sibuk, jadi waktu luang mungkin waktu dimana mereka bisa menutup mata atau bernafas? Hal yang bagus karena mereka mempunyai banyak member, mereka bisa membagi jadwal mereka.)

Sejak awal, mereka adalah anak-anak yang masih dua-puluhan. Karena terlalu banyak latihan, mengurangi waktu ‘dibawah panggung’ mereka. Menjadi hiperaktif dan gila adalah cara mereka untuk menghilangkan lelah. Xiao Cool yang mendengar jawaban member ingin melihat isi kantung mereka. Dia merasa akan menemukan mainan.

Cool : Sudah pernah dibicarakan sebelumnya, kalian akan main gunting-batu-kertas untuk menentukan siapa yang akan bersih-bersih. Siapa member yang sering menang? Dan sering kalah?
Chen : Sepertinya tidak ada member yang sering kalah?
Tao : Aku tidak tahu siapa yang sering menang, tapi orang yang sering kalah adalah aku! (dengan nada bicara yang sedih, sepertinya anak ini ingin dihibur)
Lay : Tidak ada orang yang selalu menang, juga tidak ada yang selalu kalah
Luhan : Lay benar, siapa yang tahu akan menang atau kalah?
Kris : Benar, sepertinya sama saja
Sehun : Hasilnya berbeda-beda, jadi menyenangkan
Baekhyun : Sepertinya Xiumin dan Chanyeol yang sering menang, dan Luhan, Sehun dan D.O. sering kalah.
Suho : Sebelumnya aku sering kalah, tapi sekarang tidak begitu sering.
Chanyeol : (berbicara dengan nada sombong) Beberapa hari ini sepertinya setiap orang bergantian kalah, tapi aku tetap menang
D.O : Sepertinya akhir akhir ini kami mencuci piring sendiri
Kai : (dengan ekpresi bahagia) Batu-kertas-gunting punya tren sendiri! Kadang gunting menjadi tren, kadang batu menjadi trending, kadang juga kertas. Jadi kau harus hati-hati saat bermain.
Xiumin : Bagaimanapun ada sebuah kutukan. Siapapun yang merekomendasikan main pasti akan kalah.
Suho : Xiumin benar! Siapapun yang meminta duluan pasti akan kalah. Dan akhir-akhir ini Kai yang sering kalah!

Cool : Saat waktu luang, apa yang suka kalian lakukan? Dan adakah kegiatan yang kalian sukai akhir-akhir ini? Seperti, membaca buku, nonton film? atau memasak, membuat lagu? Dan jika kau main game, siapa yang sering menang?
Lay : Aku suka menyusun/membuat lagu. (Composer Zhang memperlihatkan bakatnya sejak kecil, sekarang ia masih berusaha keras untuk belajar…)
Chanyeol : Aku juga sering menulis lirik dan mengkomposisi
Kris : Untukku, ada banyak hal, seperti membaca, mengkomposisi, menulis lirik, bermain basket dan tidur… juga main game
Luhan : Ya, member suka bermain game bersama.
Chanyeol : Baekhyun suka bermain game, dan dia yang terbaik diantara 12 member.
Baekhyun : Aku benar-benar yang terbaik dalam game. Selain menulis lirik, Lay dan Chanyeol sering keluar bersama.
Sehun : Untuk game, Kai dan Baekhyun. Tapi setiap game, hasilnya berbeda.
Kai : Untuk game, Baekhyun yang terbaik. Aku lebih sering menonton video atau membaca buku yang berhubungan dengan menari. Aku juga suka mendengarkan musik. Aku jarang bermain.
Chen : Saat bermain game kami terbagi menjadi tim. Menonton TV bersama juga menyenangkan.
Xiumin : Yang sering kulakukan adalah olahraga. Dan saat istirahat aku minum kopi.
Suho : Aku suka pergi ke Sungai Han untuk lari-lari atau bersepeda.
D.O : Aku sedikit berbeda dengan yang lain. Aku lebih suka menonton film.

Cool : Apa kalian tinggal bersama atau terpisah setelah melakukan event bersama? Bagaimana pembagian kamar? Adakah hal mengesankan terjadi?
Lay : Sebenarnya kami tinggal ber-16
Xiumin : Susunan pembagian kamar, Aku, Baekhyun, Chanyeol dan Tao sekamar. Luhan-D.O dan Sehun sekamar. Suho, Chen, Kai sekamar. Kris dan Lay tidur dengan manager.
Suho : Selalu ada hal yang menyenangkan terjadi. Chen dan Kai sering mencari game baru untuk dimainkan. Mereka jadi semakin dekat. Mereka bermain seperti ingin menjadi raja dari game.
Chen : Setelah beraktivitas bersama, manager akan membagi kamar. Karena kami banyak, dan hanya ada 2 kamar mandi, kadang saat kau akan mandi dan tidak ada handuk di dalam, kau akan mencari handuk dan saat kembali sudah ada orang yang masuk kamar mandi dan menguncinya.
D.O : Jadi saat kami mandi, kami akan berdua atau bertiga.
Baekhyun : Ketika kami hidup bersama, yang paling lucu adalah saat makan atau merapikan sesuatu, dan kami akan main ‘lucky or not’ dan bertaruh

Cool : kalian sudah mendiskusikan hal yang menarik, mari kita coba yang lebih dalam. Ingin seperti idol apa kalian?
Luhan : Yang terbaik!
Kris : Unik!
Sehun : Yang bisa menikmati sesuatu dan melakukannya
Lay : Aku ingin menjadi bintang dunia!
Tao : Super idol yang dikenali seluruh dunia!
Xiumin : Idol yang memberikan kebahagian pada fans saat diatas panggung!
Suho : Idol yang diinginkan semua orang dan dihormati.
D.O : idol yang mengkoordinasi Korea dan China
Chen : Idol yang diakui
Chanyeol : Aku ingin menjadi idol yang diakui kekuatannya. Jika aku terus beerja keras, suatu hari akan diakui kan?
Kai : Bukan idol yang tampan, Aku lebih ingin EXO menjadi idol yang bisa menceritakan cerita pada semua orang, dan bisa menyentuh hati semua orang.

Cool : Tolong sampaikan pesan kalian pada Chinese fans melalui Cool Music, karena ini pertama kalinya, pesan panjang pun tak apa apa..
Lay : Pembaca Cool Music, terima kasih atas kepedulian yang kalian berikan pada EXO. Kalian membuat kami seperti ini, dan kami akan melanjutkan bekerja keras. Kuharap kalian tetap disisi kami, dan cintai selalu EXO dan Cool Music.
Kris : Terima kasih pada semua fans yang telah mendukung kami. Aku akan terus bekerja keras. Dan kuharap kerja keras kami akan selalu membuat kalain terkejut. Dan kuharap aku bisa lebih sering bertemu kalian!
Luhan : Kami akan terus bekerja keras!
Xiumin : Kami masih punya banyak hal untuk ditunjukkan pada kalian! Tetap dukung kami. Chinese fans, aku merindukan kalian TT^TT Chen : Pembaca COOL MUSIC, kami akhirnya bisa bertemu kalian setelah lama menunggu, sejujurnya sudah banyak persiapan yang kami lakukan, jadi tolong antisipasi ini, dan selalu cintai kami! Aku mencintai kalian semua~!
Tao : Terima kasih atas dukungan kalian, dimanapun kami, sejauh apapun kami darimu, aku merindukan kalian dan mencintai kalian.

Cool : Dan member K?
Sehun : Terima kasih Chinese fans yang selalu menyukai kami, kami akan lebih sering mengunjungi kalian, aku akan mencintai kalian semua!
Baekhyun : Ah! Aku mencintai kalian semua! Kalian adalah ‘beauty’ dan aku ‘wolf’! kami EXO. Kami akan pergi ke China untuk aktivitas segera. Tunggulah sedikit lagi. kami akan datang dengan imej yang lebih baik.
Chanyeol : Kuharap kalian semua menyukai XOXO! Dan kuharap bisa bertemu dengan kalian secepatnya. Semuanya, tunggulah sedikit lagi, aku mencintaimu!
D.O : Jujur, terima kasih telah menyukai EXO seperti ini. Kami akan menjadi EXO yang lebih baik untuk kalian semua! Terima kasih!
Kai : Halo semua, ya pembaca Cool Music! Aku Kai! Saat ini kami hanya bisa bertemu dengan kalian melalui wawancara yang pendek, lain kali kami akan datang ke China dan bertemu kalian. Kami akan selalu menjadi EXO yang pekerja keras.
Suho : Kami menyiapkan (XOXO) sambil memikirkan kalian dan bekerja keras! Kali ini kami tidak hanya datang pada acara musik, tapi juga acara lain, untuk menunjukkan sisi lain dari kami, tetaplah dukung kami.

***

English Translation : Read Here

Source; 倒倒天才_Critty
English Translation: amy + angi + hyewon + xuan@exom-trans
Indonesian Translation: neni @ EXOFID
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!

Leave a Reply

