[MAGAZINE/TRANS] So Cool Magazine – EXO’s Issue (Part 1)

Posted on

Individual interview: Lambang EXO Wolf

Tak ada mangsa yang tak bisa ditangkap. Semua itu tergantung dari kemauanmu untuk menangkapnya atau tidak. Tak ada mimpi yang tidak bisa jadi nyata. Tergantung dari kemauanmu untuk mewujudkanya. Di mata sekelompok ‘serigala’ ini, kalian tidak akan pernah melihat tatapan putus asa atau penyesalan yang membuat kita tidak menyukai mereka. Karena mereka tahu, sebanyak apapun kegagalan, selama mereka terus melakukan itu mereka yakin akan meraih kesuksesan. Karena mereka ingin menjadi pangeran yang dipuja banyak orang, semua kerja keras itu pantas.

Kerja tim, kesatuan, ketahanan, dedikasi, kesulitan, kesetiaan, bahkan sedikit perasaan serakah… jika kau hidup bersama dan punya mimpi yang sama, kau akan menyadari, bahwa mereka akan selalu bersinar.

Menunggu adalah tipe perasaan yang khusus, dan depenuhi dengan ‘menunggu’ selamanya tidak menyenangkan.

Walau dalam novel romantis yang kekanakan, novel detektif, atau cerita fantasi yang abstrak, mereka semua tidak bisa meninggalkan ‘setting’ yaitu – menunggu. Menunggu adalah tipe perasaan khusus, seperti sebuah perasaan senang saat menunggu orang yang dicintai, atau bisa saja ketegangan menunggu hasil. Dan lebih lagi, keputusasaan menunggu bahaya…. Selama setahun ini, 12 member EXO menunggu comeback. Pada awalnya, mereka mengira akan comeback dalam 3 bulan seperti grup lainnya, dan bertemu fans. Setelah akhirnya debut, perasaan ingin segera kembali tampil dipanggung memang sangat kuat. Tapi perlahan, waktu sebelum comeback terus saja mundur dan mundur, perasaan member menjadi gugup. Apakah fans masih megingatku? Apa mereka masih menungguku? Dalam situasi yang meragukan dan gugup, sebuah comeback menjadi hal yang sulit dan berat. Kekosongan dalam waktu setahun kemarin – bisakah kalian membayangkan bagaimana perasaan para member. Meskipun mereka marah pada SM, karena menunggu setahun sebelum membuat member comeback, paling tidak, mereka tidak membiarkan mereka menunggu hingga harapan hilang.

Sebelum comeback (Beauty & Wolf), mood EXO tak dapat ditebak. Dimulai dari selesainya promosi MAMA, perasaan fans EXO tak dapat ditebak. Dan kali ini, judul lagu nya, menjadi pemburu – serigala masih menunggu. Menunggu mangsa mereka, menunggu seseorang yang bisa mengenali dan menerima sisi liar mereka. 3 tipe ‘menunggu’, bukankah semua itu sama saja? Semua orang bisa merasakannya sendiri.

SMP (SM Music Performance) adalah gaya musik SM Ent. dimulai dari H.O.T lalu Shinhwa, TVXQ dan Super Junior. SMP tidak pernah berubah dari awal. dan kesuksesannya meninggalkan nilai tersendiri. SMP yang dibuat oleh Yoo Young Jin benar-benar memiliki gaya bermusik yang hebat, ritme dari lagu memiliki ‘strong feel’, dan koreografinya juga mengesankan. Ada inti dalam setiap isi – menuduh masyarakat, mengubah masyarakat, menekan nilai individual! Sangat sulit untuk mengatakan ini, tapi sejak SHINee – Lucifer, Konotasi dari tema lagu SMP adalah ‘cinta yang berlebihan’. (Wolf & Beauty) adalah contohnya, Serigala yang jatuh cinta pada gadis yang notabene adalah mangsanya. Dan moodnya berubah dari gugup menjadi tergila-gila.seperti yang dikatakan member di interview, part yang meracuni semua orang adalah bagian ‘Saranghaeyo (I Love You)‘ .

Menikmati takdir yang tak bisa dijinakkan.

Karena semua pekerjaan berdasarkan SMP style, maka pekerjaan sama seperti produksi SM sebelumnya. Seperti nama dari ‘style’ , pengaruh mereka dipanggung membuat orang – bagaimanapun penjualan digital dibawah normal. Tapi, tak disangka penjualan (Wolf and Beauty) melebihi yang diharapkan. Dan bahkan menjadi peringkat 1.

Rino adalah koreografer SM. Secara alamiah, dia tidak akan ceroboh dalam mengerjakan comeback yang hebat ini. Setelah melihat semua pekerjaan Rino, kalian akan menyadari bahwa gerakannya ‘lembut tapi kuat’. Dia memasukkan perasaan ‘kuat’ dalam gerakan secara bersamaan, tanpa kehilangan kelembutan dari seorang wanita (Rino itu wanita). Meski ini berarti, koreografinya yang dipakai oleh boygrup SM, orang akan menilai gerakannya ‘feminim’. Gerakan Wolf kali ini terlalu bagus. Menggunakan tubuh member untuk membuat pohon, membuat intro lagu ini semakin penuh misteri dan resiko, gua dan hutan yang membutuhkan gerakan detail yang harus dianalisis dulu sebelum melakukannya. (melihat interview Ceci, petunjuk yang diberikan member sangat bermakna~)

Cool : Ini pertama kalinya EXO bertemu fans melalui ‘COOL MUSIC’ tolong perkenalkan diri kalian seunik mungkin.
Lay : Halo semua! Aku adalah unicorn penyembuh! LAY! (Xiao cool tidak bisa menahan, dan ikut berteriak LAY!)
Sehun : Halo semua! Aku maknae Sehun.
Baekhyun : Halo semua! Aku adalah ‘kelicikan’ EXO, Baekhyun.
Kris : Halo semua! Aku Kris EXO!
Luhan : Halo semua! Aku luhan EXO! (hey, bukankah kalian berdua terlalu simple?)
Tao : Halo semua! Aku romantic kungfu panda. AB style rapper TAO (Informasi yang lengkap~)
Chanyeol : Halo semua! Aku adalah suara di EXO, Chanyeol.
D.O : Halo semua! Aku EXO D.O
Kai : Halo semua… (berhenti) Halo pembaca ‘COOL MUSIC’ aku mendapat bagian menari di EXO, Kai. Kelebihanku adalah menari (ragu ragu) kulit gelapku dan mata yang tak bisa dibangunkan juga kelebihanku.
Xiumin : Halo semua! Aku adalah ‘Cute Big Brother’ dari EXO,Xxiumin (memang Cute!)
Suho : Halo semua! Aku adalah ibu yang melindungi EXO, Suho.
Chen : Halo semua! Aku adalah ‘nada tinggi’ EXO, Chen.

Cool : Sudah setahun sejak MAMA sampai album ini. Siapa yang menurut kalian, paling banyak perubahan selama ini? Dan jika mendengar ‘Wolf’ siapa orang yang muncul di pikiran kalian?
Sehun : Semua member berubah. Mereka lebih peduli pada penampilan. Dan aku sekarang lebih memperhatikan cara berpakaian. Baekhyun : Tao benar benar menjadi lebih tampan.
D.O : Aku setuju! Selama setahun, banyak yang berubah. Tao adalah orang yang bagus dalam menvisualisasikan gerakan ‘Wolf’. Dan dia terlihat seperti ‘Wolf’ juga.
Kris : Sebenarnya untuk comeback ini, semua banyak mengalami perubahan dalam berpenampilan. Warna rambut Tao, Luhan dan Sehun. Lalu model rambutku dan Chanyeol. Tapi jika kau bilang ‘Wolf’ orang pertama yang muncul dalam pikiranku adalah aku sendiri. Tao : Memang benar setiap member banyak berubah. Saat kau bilang ‘Wolf’ selain Kris yang ada dalam pikiranku adalah Kai.
Chen : Menurutku, aku yang paling banyak perubahan. Melalui berbagai performance, kemampuan menariku semakin meningkat sejak MAMA era!

Cool : Media Korea menyebutkan ‘Wolf and Beauty’ adalah pekerjaan dari SMP (SM The Performance). Dari sudut pandang kalian, apa kelebihan dari album ini?
Chen : Album kami XOXO, dibagi jadi 2, yaitu Kiss ver. dan Hug ver. Kiss untuk Korea dan Hug untuk Mandarin. Albumnya bertema sekolah dan dalam bentuk buku tahunan. Kuharap akan banyak yang mendukung. Setelah aku mendengar ‘Wolf’ aku merasa ada kesegaran, apalagi pada part ‘Saranghaeyo’. Sangat menarik, dan aku mendapat kesan yang baik. (Bertanggung jawab dalam memperkenalkan album. Pasti dia sudah menghafalnya!)
Sehun : Lagu ini sangat bagus untuk menunjukkan imej baru EXO kan?
Tao : Pertama, tampil bersama 12 member adalah kelebihan. Semua member memiliki kelebihan sendiri, dan dengan menggabungkan menjadi 1 membuatnya menjadi spesial. (kerja sama maknae tidak ada bandingnya)
Suho : Perpaduan antara dubstep dan hip hop, yang membuatnya spesial. Banyak orang yang tertarik pada bagian ‘Saranghaeyo’. Dan ini adalah lirik yang mudah diingat.

Cool : Seperti yang dibilang Chen, apa alasan mengambil konsep sekolah?
Chanyeol : Wolf adalah lagu yang menunjukkan pesona unik dan tarian hebat yang (hanya) EXO lakukan. Tapi, secara keseluruhan dari konsep album, berbeda dari biasanya, kami membawa konsep sekolah untuk menunjukkan imej anak muda.
D.O. : Meski lagunya mengandung lirik yang intens, sexy dan karismatik, dan meski kami sudah dewasa, aku ingin memakai seragam sekolah lagi…..
Suho : Ini pertama kalinya kami ber-12. Dan membawa imej sekolah, menurutku bagus juga.
Chen : Aku juga berpikir, alasannya mungkin agar kami mengingat masa sekolah.

Cool : MV Wolf sangat berkarakter. Ketika member berubah menjadi srigala, itu sangat menawan. Dance version yang dirilis duluan memikat banyak fans. Apa yang paling berkesan? Point dari gerakan? Dan bagian paling sulit?
EXO : (bersamaan) Bagian telinga! (gerakan ini memang banyak mencuri perhatian, dan juga mudah ditirukan)
Kris : Ada gua dan juga pohon, dll. Gerakan itu sangat cocok dengan lagu.
D.O : Jika kalian melihat bagian pohon, kalian akan menyadari detail dari gerakan itu. Ketika mempraktikan, aku diharuskan menunjukkan imej ‘Wolf’. Jadi part itu sedikit sulit.
Baekhyun : Aku juga berpikiran, untuk menyamakan imej serigala dan menampilkan penampilan seperti serigala itu sangat sulit. Tidak cukup hanya menyamakan gerakan.
Sehun : Sejujurnya, gerakannya akan membuat orang mengerti ceritanya. Jadi untuk menampilkannya sangat sulit.
Chen : Karena semua orang harus bekerja sama saat latihan, aku perlu fokus, dan itu yang sulit.
Tao : (ingin mengungkapkan sesuatu, tapi terlalu lama berpikir) Kurasa part tersulit adalah pohon, … (tak ada yang menjawab, kungfu panda sedih)

Cool : Dalam album, ada lagu yang muncul dalam teaser, dan banyak lagu lain. Selain lagu utama, lagu mana favorit kalian? Dan apa alasannya?
Baekhyun : Baby Don’t Cry! Lirik yang terkesan seperti dongeng dan lagunya yang kuat, benar-benar berlawanan melodi. Aku sangat menyukainya.
Sehun : Aku suka Peterpan. Lagu ini membuatmu percaya tentang dongeng. Lagu ini akan membuat mood-mu bagus saat mendengarnya.
D.O. : Aku suka My Lady. Alasannya, karena lagu ini muncul di teaser pertama dan aku menyanyikannya solo. Kali ini, lagunya masuk dalam album dan aku menyukainya.
Tao : Apakah tidak ada yang suka Don’t Go? Kurasa lagu itu paling memabukkan.
Chanyeol : Aku paling suka “3, 6, 5”. Sekarang musim panas, dan lagu ini menyegarkan. Dan banyak harapan baik didalamnya.
Chen : Aku merekomendasikan My lady, karena lagu ini muncul di teaser pertama. Dan itu membuatnya spesial

English Translation: Read Here

Source; 倒倒天才_Critty
English Translation: hyewon + amy + angi + xuan@exom-trans
Indonesian Translation: neni @ EXOFID
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS!

Leave a Reply

