[TRANS] 130611 Naver June Music Special: EXO, Sebelum Mengalami Perubahan Menjadi ‘Wolf Boys’

Posted on

English Translations:

Part 1
part 1

Part 2
part 2

Part 3
part 3
Part 4
part 4
Part 5
part 5

Part 6
part 6

Indonesian Translation:

Informasi lengkap tentang comeback EXO [memperkenalkan pada sekolah EXO]
‘Wolf and Beauty (Wolf)’ semua tentang kelahirannya.

EXO, kembali dengan full album pertama (XOXO Kiss&Hug), mereka berubah menjadi ‘wolf boys’ dengan penampilan panggung yang menakjubkan yang membuat mereka semakin berada di puncak popularitas. Berisi total 24 lagu, bagaimana sebenarnya album ini lahir? Dan bagaimana konsep dan penampilan dari album ini? Sebuah cerita, bagaimana musik di SM Entertainment lahir hanya akan diceritakan disini, di Naver Music!

Pelajaran pertama | pengenalan tentang sekolah EXO: Musik

(Lihat gambar di English Translation Part 1; di atas)
Gambar kiri: Awal dari ‘Wolf and beauty (Wolf)’. Total waktu yang dihabiskan sampai lirik lagu selesai menghabiskan waktu 6 bulan.
Gambar kanan: Kertas yang berisi lirik lagu yang digunakan oleh Baekhyun di ruang rekaman. Baekhyun banyak menggambar bintang.

Proses persiapan dengan ‘Wolf’
Kerja keras grup adalah saat mereka mencoba mengidentifikasi diri mereka untuk mencari konsep penampilan dan musik yang baru; tak peduli berapa waktunya, untuk siapapun, hal ini tidaklah mudah. Setelah debut dengan MAMA, lagu baru untuk EXO dipersiapkan. Dengan kemampuan menari yang hebat dan menyanyi dengan banyak ciri khas, itulah yang dibutuhkan untuk memperlihatkan gaya baru, penuh dengan ekpresi, seperti standar lagu dari seorang artis.

Akar dari sebuah lagu adalah, track musik-nya, yang cocok untuk menari dan mempunyai ciri khas suara. Lagu ini sangat dipertimbangkan dengan matang oleh Composer maupun Produser, agar lagu ini bisa membuat pendengar menjadi tegang. Melodi harus membuat pendengar ketagihan, dan mudah untuk dinyanyikan. Untuk membuat lagu seperti ciri di atas, para Producing Team sangat bekerja keras.

Dengan track musik D.U.P (Danceable, Unique, Powerful) dan melodi yang A.C.E (Addictive, Catchy, Easy to sing along to). Komposer dari dalam dan luar negeri berkumpul dan membentuk grup ‘Writing Camp’. Melalui grup ini (writing camp), komposer SM Entertainment seperti Kenzie dan Will Simms yang sukses memproduksi lagu SNSD – I Got A Boy, dan juga Nermin Harambasic yang sudah banyak membuat lagu dan mengerti SM, mereka berkumpul dan sekali lagi untuk membuat lagu.

Pembuatan Wolf
Member EXO mampu menunjukkan keantusiasan melalui dubstep dari lagu tersebut, dan untuk menambah kekuatan penampilan, melodinya sudah sedikit diganti, dan yang mengganti beberapa hal itu adalah produser Lee Soo Man sendiri. Meskipun tracknya mempunyai sedikit batasan dengan kekuatan, tapi lirik yang dinyanyikan mengandung kalimat yang ‘memberi semangat’. Komposer lirik dari Wolf, Kenzie, menggunakan adegan yang mengingatkan orang tentang dongeng Eropa, menceritakan tentang kehidupan serigala yang hidup menyendiri di gua dan biasa mencari mangsa dan memakannya sekaligus, mangsanya seorang gadis cantik. Tapi dalam waktu yang sama, dia bisa merasakan perasaan cinta dari gadis itu. Tapi perasaan cinta sangat berlawanan dengan instingnya dan membuatnya tersiksa secara batin.

Ketika Wolf dibuat, hal yang paling diutamakan adalah bahwa lagu ini hanya untuk EXO. Meskipun sangat menyenangkan, EXO dan bahkan staf sulit untuk beradaptasi dengan melodi dari ‘luar negeri’ tersebut. EXO butuh waktu lama untuk menghafal part masing masing. Untuk menonjolkan ‘suara dari lagu’ dan ‘lead singer dalam keadaan terbaik’, Produser Lee Soo Man berulang kali mengganti rekaman melodi dan bagian reff-nya. Setelah berbulan bulan mempersiapkan ‘gaya musik yang belum pernah dicoba’ akhirnya Wolf resmi menyapa penonton pada 30 Mei.

EXO, dan Album pertama mereka (XOXO Kiss&Hug)
Untuk sebuah full album, waktu produksi setahun bukanlah waktu yang panjang. Saat ini, hal yang paling penting adalah menunjukkan sisi musik yang berbeda dari EXO. Kualitas dari musik tentu saja sangat penting. Kemampuan musikal yang hanya ada pada EXO yaitu penampilan yang sangat kuat dengan banyak perasaan yang terkandung dalam setiap penampilan. Tapi untuk menunjukkan sisi ceria dari member, albumnya juga banyak mengandung lagu yang menyentuh.

Lagu yang muncul 100 hari sebelum debut EXO seperti, Baby Don’t Cry, My Lady, Let Out The Beast dan Black Pearl. Dengan tambahan Don’t Go, Peterpan dll. Menambah feel tentang masa muda. Heart Attack dan Baby adalah lagu dengan lirik manis agar orang meleleh mendengar suara EXO. ‘Menjaga kesehatan, tren yang mempunyai perasaan berkelas, muda dan urban’, EXO dan staf melakukan yang terbaik. 12 member, dengan pesona masing masing, kemampuan, potensi menyanyi, penampilan yang kuat dan lainnya. Pada setiap penampilan, mereka membius 5 indra sekaligus, dan kembali dengan musik yang hanya pada EXO, ‘Wolf and Beauty’ yang akan membuat fondasi kekuatan mereka semakin kuat. Dan itu tak dipungkiri lagi. Mulai hari ini, akan ada banyak hal yang akan ditunjukkan EXO, mari kita tunggu.

Pelajaran kedua | pengenalan pada sekolah EXO : Penampilan Panggung

Membuat koreografi baru akan menyebabkan keadaan dimana kau tidak akan bisa tidur selama beberapa hari. Dan EXO adalah salahsatu grup yang sudah banyak menderita dalam hal ini. Yang membedakan koreografi EXO dari grup lain adalah, bahwa EXO punya 3 macam koreografi. Untuk EXO-K dan EXO-M dan juga Koreografi untuk grup EXO secara keseluruhan. Ini berarti koreografi EXO lebih banyak 2-3 koreografi dari grup biasa, yang juga berarti sangat melelahkan. Dalam banyak hal jika berbicara tentang koreografi EXO, maka harus dimulai dari koreografer mereka Tony Testa dan Hwang Sang Hoon (Gregory S. Hwang)

Koreografer Tony Testa yang penuh dengan kreatifitas.
Pertama kali kami mengontak Tony Testa pada suatu hari di tahun 2008. Pada waktu itu BoA akan memulai debut Amerika, dan saat kami mencari koreografer lokal, kami banyak belajar darinya. Meskipun kami punya banyak koreografer hebat yang bekerja bersama kami, tapi koreografer Tony berbeda dari mereka. Sejak muda dia sudah bekerja sebagai koreografer, banyak melepaskan imaginasi dan menghasilkan kerja yang sangat bagus. Dia berpatisipasi dalam Michael Jackson tour ‘This Is It’ sebagai asisten koreografer (dia mengikuti latihan, tapi karena kematian MJ dia tidak jadi tampil). Hal ini membuat karirnya menonjol. Dan kesempatan kami untuk bekerja dengannya semakin berkurang, tapi kemudian Tony membatalkan jadwalnya dan membuat kami bisa bekerja dengannya. Hasil kerjanya saat itu adalah SHINee – Sherlock, yang banyak menerima pujian. Perbedaan Tony dengan koreografer lain adalah orang lain membuat tarian dengan berdansa sesuai pikiran mereka, sedangkan Tony membuat gerakan dengan membayangkan kalau dirinya adalah artis tersebut. Hasil kerja Tony yang lain adalah TVXQ – Catch Me dan akhirnya EXO – ‘Wolf and Beauty (Wolf)’

Sebelah kiri: Tony Testa dan Luhan | Sebelah kanan: Tony dan Kris

Director yang mengerti artis dan banyak memberi pertolongan, Hwang Sang Hoon
Hwang sang hoon dikenal sebagai salah satu dari grup black beat (sudah bubar, dibawah management SM) yang punya kemampuan dance yang terbaik. Dia menjadi performace director (pengarah penampilan) bersama teman satu grupnya Shim Jae Won. Dia memang pantas dalam hal ini, sebagai senior dia bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan setiap member. Dan dia bahkan bisa memberi komentar dalam bidang lain.

Wolf & Beauty (Wolf)
Pada waktu itu lagu Wolf masuk dalam kategori SMP (SM Music Performance). Dengan mengambil gaya baru, kebutuhan koreografi dan atmosfer telah dipelajari. Kata kunci disini ‘wolf’ mengubah cara koreografi. Tidak terlalu ketinggalan jaman, dan masih ‘harus’ memiliki feeling berkelas dan modern. Dan bisa dibilang pekerjaan ini berjalan bagus tanpa harus dilebih lebihkan. Untuk menunjukkan penampilan wolf, semua member bekerja menjadi satu untuk membentuk koreo seperti gua, pohon dll.

Para member bersama dengan Tony Testa dan juga Hwang Sang Hoon yang terbaring di lantai.

Biasanya grup ini dengan 6 member, kini mereka bersama menjadi 12 orang. Dan terlihat bagian individual dari setiap member menjadi berkurang. Semua member bekerja keras supaya part mereka menjadi menonjol. Dan tambahan lagi, partnya juga berbeda tergantung bahasa yang digunakan. Untuk versi Korea fokus pada member EXO-K dan versi Chinese fokus pada member EXO-M. Meskipun tampil sebagai EXO tapi perbedaan dari 2 sub-grup tidak hilang. Meskipun koreografinya lebih berat 2-3 kali dari grup lain, tapi ini menunjukkan kerja bagus dari SMP. Dan aku percaya setelah promosi ini selesai, EXO akan lebih berpengaruh di dunia.

Source: Naver Music
Korean-Chinese Translator: xiaxia @ KRISing
Chinese-English Translators: taozi, jiaozhu ★, laughandbehappy @ CODE:EXO
Editor: King Krong @ CODE:EXO
Indonesian Translation by: neni @ EXOFID
PLEASE TAKE OUT WITH FULL AND PROPER CREDITS!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s